Ketentuan

KETENTUAN PENULISAN JURNAL FARMAMEDIKA

Jurnal Farmamedika merupakan jurnal nasional terakreditasi berdasarkan ……………..

Ketentuan Umum Penulisan Pada Jurnal Farmamedika

  1. Artikel belum pernah dipublikasikan dalam media lain dan tidak mengandung unsur plagiat dengan dilampiri pernyataan tertulis dari penulis.
  2. Tulisan dapat berupa artikel hasil penelitian maupun konseptual (lepas) dan aplikasi teori, dan laporan kasus atau resensi buku. Artikel dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris sepanjang 15-25 halaman termasuk daftar pustaka dan tabel. Artikel diketik komputer di atas kertas A4 dengan margin atas dan kiri 4 cm, margin bawah dan kanan 3 cm dengan menggunakan tipe huruf Times New Roman, ukuran font 12, dan spasi 1,5. Judul naskah berbahasa Indonesia terdiri maksimal 12 kata, sedangkan jika berbahasa Inggris terdiri maksimal 10 kata.
  3. Pada artikel dicantumkan nama penulis dan urutan nama penulis harus sudah disepakati semua penulis, umumnya berdasarkan besarnya kontribusi, dan semua penulis bertanggung jawab atas isi artikel. Nama Penulis ditebalkan dan dimiringkan menggunakan ukuran font 12 Times New Roman.
  4. Artikel harus disertai alamat penulis meliputi: Nama perguruan tinggi tempat studi dan lembaga asal penulis serta alamat email. Penulisan alamat untuk penulis artikel menggunakan font 12 Times New Roman, tetapi tidak ditebalkan dan tidak dimiringkan.
  5. Artikel harus disertai dengan abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan jumlah kata maksimum 200 kata dalam format esai, ukuran huruf (font) 10 Times New Roman mengunakan spasi 1, dan artikel berbahasa Inggris tidak dimiringkan. Penulisan kata ABSTRAK untuk artikel berbahasa Indonesia dan ABSTRACT untuk artikel berbahasa Inggris menggunakan ukuran huruf (font) 12 Time New Roman di tebalkan.
  6. Pada artikel untuk Abstrak baik berbahasa Inggris maupun Indonesia harus disertai dengan Keywords menggunakan font 10 Times New Roman dengan spasi satu serta huruf ditebalkan dan dimiringkan (bold dan italic) masing-masing terdiri 3-5 kata.
  7. PENGANTAR atau INTRODUCTION ditulis huruf besar dan spasi 1,5 Times New Roman serta ditebalkan. Pengantar berisikan latar belakang masalah; hipotesis (bila ada); tujuan penelitian; umumnya artikel tidak terlalu ekstensif, hanya 3-4 paragraf atau 2 halamn 1,5 spasi; pengantar mengacu pada beberapa pustaka yang menjadi landasan atau alasan penelitian; pengantar juga memuat garis depan pengetahuan saat ini.
  8. Tinjauan Pustaka tidak dituliskan pada bagian terpisah dari pengantar, artinya tinjauan pustaka masuk dalam PENGANTAR/INTRODUCTION. Acuan harus berupa acuan primer, relevan, dan mutahir; ulasan pustaka tidak terlalu ekstensif artinya ulasan pustaka tidak terlalu menjangkau lebih luas; dan jangan mengutip kutipan orang lain, misalnya…Ahmad dalam Badu…
  9. Metode. Pada Metode di dalam artikel merupakan subjek dan objek penelitian dideskripsikan terperinci; jika metode mengacu pada prosedur standar, maka tulis standarnya dan jangan mengacu pada prosedur pratikum; jangan menggunakan kalimat perintah, tetapii perincilah peralatan analisis tersebut bahkan sampai ke tipe.
  10. PEMBAHASAN/DISCUSSION ditulis dengan huruf besar Times New Roman ukuran huruf (font) 12 dan ditebalkan. Pembahasan meliputi: sajian secara bersistem, hanya data/informasi yang terkait dengan tujuan penelitian; sederhanakan tabel dan menggunakan tabel terbuka, dan gambar peta lebih difokuskan pada objek yang diteliti serta jangan terlalu besar ukuran filenya serta rumit (diupayakan dalam format JPG); tabel dan gambar diberi nomor urut. Tujuan dari PEMBAHASAN/DISCUSSION ini adalah untuk mengetahui sejauhmana hasil penelitian diberi makna oleh peneliti atau penulis, juga sejauhmana penulis memberikan batasan pada penemuannya. Contoh penulisan tabel (Tabel 5).
  11. SIMPULAN diketik dengan huruf besar Times New Roman ukuran font 12 dan ditebalkan. Pada Simpulan alangkah baiknya juga menyebutkan saran yang melebur dalam paragraf kalimat dan saran tidak berdiri sendiri.
  12. Sistem format penulisan daftar pustaka dan referensi untuk Jurnal Kawistara menggunakan Gaya Penulisan Harvard, yaitu (a) Sumber kutipan dinyatakan dalam karya ilmiah harus ada dalam Daftar Pustaka, dan sebaliknya; (b) Literatur yang dicantumkan dalam Daftar Pustaka hanya literatur yang menjadi rujukan dan dikutip dalam karya ilmiah; (c) Daftar Pustaka ditulis/diketik satu spasi, berurutan secara alfabetis tanpa nomor; (d) Jika literatur ditulis oleh satu orang, nama penulis ditulis nama belakangnya lebih dulu, kemudian diikuti singkatan )inisial) nama depan dan nama tengah, dilanjutkan penulisan tahun, judul dan identitas lain dari literatur/ pustaka yang dirujuk; (e) Jika penulis lebih dari dua orang, nama penulis pertama ditulis seperti aturan ā€œdā€, dilanjutkan penulisan nama penulis kedua dan seterusnya sebagai berikut: nama depan dan nama tengah (disingkat) dilanjutkan nama belakang. (Untuk penulis kedua dan seterusnya, penulisan nama depan/tengah (singkatan) dan nama belakang tidak perlu dibalik seperti penulis pertama); (f) Penulisan Daftar Pustaka tidak boleh menggunakan et al. Sebagai penggati nama penulis kedua dan seterusnya (g) Cara penulisan setiap Daftar Pustaka berbeda-beda dan sesuai dengan jenis literatur/pustaka yang menjadi referensi.